WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2023 “PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN PEMBIMBING PLP” FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan Kemendikbudristek terkait kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Merujuk pada kondisi dimana pandemi COVID-19 yang menyebabkan banyaknya kendala dalam proses pembelajaran di satuan Pendidikan yang memberikan dampak yang cukup signifikan. Kurikulum 2013 yang digunakan pada masa sebelum pandemi menjadi satu satuanya kurikulum yang digunakan satuan pendidikan dalam pembelajaran. Masa pandemi 2020 s.d. 2021 Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Darurat (Kur-2013 yang disederhanakan) menjadi rujukan kurikulum bagi satuan pendidikan. Masa pandemi 2021 s.d. 2022 Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak (SP) dan SMK Pusat Keunggulan (PK).

Pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran, begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut. Kurikulum Merdeka sebagai opsi bagi semua satuan pendidikan yang di dalam proses pendataan merupakan satuan pendidikan yang siap melaksanakan Kurikulum Merdeka. Tahun 2024 menjadi penentuan kebijakan kurikulum nasional berdasarkan evaluasi terhadap kurikulum pada masa pemulihan pembelajaran.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri dalam menyiapkan lulusan yang unggul, kreatif, mandiri, toleran, demokratif dan religius yang bebasis pada IPTEKS berperan penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan kondisi yang berkembang saat ini. Hal ini sesuai dengan Visi dan Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusantara PGRI Kediri menjadi  fakultas  yang unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas pada tahun 2025. Selaras dengan visi misi FKIP UNP Kediri, maka perlu adanya kegiatan yang berimplikasi pada pengembangan inovasi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bentuk “Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2023 Penguatan    kompetensi Dosen Pembimbing PLP FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.

1. Dasar Kegiatan

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka).
  3. Peraturan Rektor Nomor: 0561.01/A/UNP Kd/VII/2020 Tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum Program Studi .
  4. Peraturan Rektor Nomor: 03/PR/UNP-Kd/XII/2020 tentang Peraturan Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri
  5. Surat Keputusan Dekan FKIP nomor: 741/C/FKIP UN-PGRI/IX/2020 tentang Rencana Strategis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri tahun 2020-2023.

2. Jenis Kegiatan

Kegiatan ini berbentuk workshop yang dikemas secara onsite berbasis aplikatif dengan metode diskusi secara praktis, logis, dan sistematis. Workshop ini bertema Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2023 Penguatan kompetensi Dosen Pembimbing PLP

3. Tujuan  kegiatan

  1. Memberikan dukungan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri.
  2. Mengetahui secara komprehensif analitis strategi implementasi kurikulum merdeka.
  3. Meningkatkan akses dan Kerjasama dengan satuan pendidikan dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka.
  4. Menguatkan budaya belajar dikalangan pendidik/akademisi dalam suatu komunitas belajar.

4. Pelaksanaan

Kegiatan workshop ini akan diselenggarakan pada:

Hari, tanggal: Kamis, 26 Juni 2023
Waktu: 09.00 – 14.00 WIB
Tempat: Agropolis Wonosalam

5. Narasumber

Narasumber dalam workhop ini adalah  :

Nama: Dr. Anik Lestariningrum, M.Pd (Asesor PSP Kemendibud Ristek)
Pakar : Pendidikan Anak Usia Dini
Tema : Langkah penyusunan CP – TP – ATP – Modul Ajar dan PMM

Sharing seasion

  1. Dr. Alfi Laila, S..Pdi, M.Pd.
  2. Dr hartono, M.Pd.
  3. Marista Dwi Rahmayantis, M.Pd.
  4. Galang surya gumilang , M.Pd.

6. Dokumentasi Kegiatan

Gambar 1. Kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2023
Gambar 2. Penyerahan Sertifikat Untuk Pemateri
Gambar 3. Surat Tugas Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2023

(Sri Panca Setyawati1, Novi Nitya Santi2, Rosa Imani Khan3, Nara Setya Wiratama4, Encil Puspitoningrum5, Sulistyani6, Dhian Dwi Nur Wenda7, M. Khoirul Muanam8, M. Ihwanuddin9)